"Adil Ka' Talino Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"..

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG..

Kamis, 31 Oktober 2013

JEMBATAN DI KEC. SUNGAI BETUNG BANYAK YANG RUSAK

Sungai Betung, Jembatan di Daerah Sungai Betung Banyak yang rusak. salah satunya seperti gambar di samping. hal ini disebabkan karena jembatan-jembatan tersebut sudah termakan usia. rata-rata material jembatan yang ada di Kecamatan Sungai Betung menggunakan kayu. salah satu faktor penyebabnya selain faktor cuaca adalah kendaraan yang bermuatan berat. dimana kendaraan tersebut yang sering membawa muatan yang berat seperti truk pengangkut Sirtu (pasir dan batu) dan hasil pertanian yang lainnya.
 Agar dapat dilalui, masyarakat selama ini berswadaya memperbaiki jembatan-jembatan yang rusak tersebut. jika tidak, maka warga kesulitan untuk beraktivitas. baik bagi pejalan kaki, roda dua maupun roda empat. warga memanfaatkan batang-batang kayu dan belah-belahan kayu hasil tebangan yang telah terbuang untuk digunakan sebagai pengganti papan lantai jembatan-jembatan yang rusak. bahkan terkadang ada juga warga yang dengan ikhlas memberikan papan dan balok kayu untuk digunakan memperbaiki jembatan yang rusak.

Selain jembatan yang rusak, terdapat pula tanah yang amblas disekitar jembatan-jembatan yang rusak. amblasnya tanah disekitar jembatan karena disebabkan oleh faktor alam seperti banjir dan amblas karena terkena tekanan muatan yang terlalu berat. selama ini, apartur Desa pun sudah berperan dalam menangani masalah ini dengan mengarahkan warga untuk berswadaya/gotong royong memperbaiki jembatan yang rusak maupun membersihkan sampah-sampah dan potongan kayu yang menyangkut dibawah jembatan.

Hal ini mesti ditanggapi serius oleh pihak Pemerintah. bukan saja di Sungai Betung, tetapi juga di Daerah-daerah lainnya. jika tidak, bukan tidak mungkin akan adanya korban kecelakaan. karena selama ini, memang sudah ada korban kecelakaan terkait jembatan yang rusak tersebut. walaupun korban tidak mengalami hal yang sebegitu parah, namun inilah bukti yang menandakan bahwa jembatan tersebut sangat rawan dan berbahaya, yang suatu saat dapat mengancam nyawa masyarakat.(Ch)

Ditulis Oleh : Mulianus // Kamis, Oktober 31, 2013
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar lah jika anda berkenan, komentar lah yang baik, sopan, santun, No SARA, Kritik dan Saran sangat diharapkan. Terimakasih....

 

Blog Archive

Copyright@Suara Rakyat133. Diberdayakan oleh Blogger.