"Adil Ka' Talino Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"..

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG..

Kamis, 31 Oktober 2013

BIS SEKOLAH JARANG BEROPERASI

Bengkayang, Sudah merupakan pemandangan sehari-hari kita melihat para pelajar yang pergi sekolah maupun pulang sekolah, menaiki mobil angkutan umum (oplet) dengan berhimpit-himpitan dan berdesak-desakan. mereka tidak menyadari atau tidak tahu sama sekali bahwa hal tersebut sangat membahayakan nyawa mereka sendiri.  pemandangan ini dapat dilihat saat berangkat sekolah dan pulang sekolah. mereka memenuhi oplet dari dalam, depan, atas hingga ke belakang bahkan juga sampai  bergantungan dimulut pintu masuk oplet.

Hal ini dilakukan para pelajar karena mereka takut terlambat ke sekolah, maupun takut tidak ada lagi mobil ketika pulang sekolah. sebab bis sekolah yang diharapkan sudah jarang beroperasi.

Ini mestinya menjadi perhatian serius oleh pihak- pihak terkait, baik pemerintah maupun aparat kepolisian.  pemda seharusnya memberdayakan bis sekolah yang sudah ada. selama ini bis sekolah yang ada sepertinya kurang diperhatikan. ini terbukti dengan jarangnya bis tersebut beroperasi lagi. apakah tidak ada anggaran yang dikhususkan untuk pengoperasian bis tersebut?

karna selama ini keluhan dari para sopir bis sekolah ini bahwa mereka tidak bisa mengoperasikan bis tersebut karna terkendala dengan keuangan untuk operasional bis. karena jika mengharapkan dari uang hasil pembayaran para penumpang (pelajar) dianggap tidak cukup. baik untuk  pembelian bahan bakar, maupun biaya perbaikan kerusakan.

Aparat juga seolah tak bertaji, tidak mau tau untuk mencoba menegur para sopir angkot agar tidak memuat penumpang melebihi kapasitas yang telah ditentukan. itulah sebabnya para sopir demi meraup rupiah, mereka melalaikan aspek keselamatan penumpang. 

Pemda seharusnya peka terhadap masalah ini, karena ini menyangkut  nyawa seseorang.  sudah selayaknya pemda membuat aturan khusus untuk menangani hal ini. jika biarkan, ditakutkan akan adanya korban.(Ch)




Ditulis Oleh : Mulianus // Kamis, Oktober 31, 2013
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar lah jika anda berkenan, komentar lah yang baik, sopan, santun, No SARA, Kritik dan Saran sangat diharapkan. Terimakasih....

 

Blog Archive

Copyright@Suara Rakyat133. Diberdayakan oleh Blogger.