"Adil Ka' Talino Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"..

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG..

Rabu, 26 Juni 2013

UPACARA ADAT NYOBENG

Nyobeng adalah kegiatan ritual suku dayak bidayuh dii daerah sebujit deesa Hlibuei kecamamtan siding telah dilakukan secara turun temurun merupakan upacara adat Hlibuei yaitu upacara adat permohonan berkat, sejahtera, kedamaian, ketentraman dan lain-lain. Namun upacara adat budaya ini hanya diperuntukkan bagi kaum pria sedangkan bagi kaum wanita adat budaya tersebut dinamakan Nambok. Kedua jenis adat budaya ini merupakan upacara adat baluk dan adat padi.

Dalam melakukan permohonan ini diikuti pula dengan acara memandikan tengkorak yang merupakan barang pusaka peninggalan dari nenek moyang yang harus mereka jaga dan hormati, selain itu secara psikhis tujuan dari memandikan tengkorak tersebut agar masyarakat mendapat kan berkat dan kekuatan karenan tengkorak yang dimandikan merupakan hasil mengayau ( pemotongan kepala disaat melakukan peperangan). Yang terjadi pada zaman nenek moyang, tengkorak tersebut merupakan tengkorak musuh yang berstatus sebagai pimpinan atau panglima perang pada masa itu.

Ditulis Oleh : Mulianus // Rabu, Juni 26, 2013
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar lah jika anda berkenan, komentar lah yang baik, sopan, santun, No SARA, Kritik dan Saran sangat diharapkan. Terimakasih....

 

Blog Archive

Copyright@Suara Rakyat133. Diberdayakan oleh Blogger.